Hobi Memelihara Burung Pipit (Finch)

Hobi memelihara burung, terutama burung pipit (Estrildidae) menjadi hiburan tersendiri saat ini. Sebagai sarana hiburan melepas lelah dari aktifitas kesibukan sehari-hari. Dengan kenaekaragaman berbagai warna, pola, sampai karakter & tingkah lakunya menjadi point tersendiri dalam merawatnya sebagai klangenan.
Mayoritas burung ini mudah dirawat terutama beberapa jenis domestik yg tak menuntut ruang luas untuk sehari-harinya hingga untuk dikembangbiakan, aktif, menghibur serta unik dan lucu. Harganyapun juga terjangkau dari pada jenis burung lain meski hal ini juga tergantung dari speciesnya, tapi masih dalam batas wajar jika dibandingkan dengan burung-burung kicauan pemakan serangga yang umum dirawat diindonesia dan dilombakan.
Pesona cantiknya tidak banyak menuntut hal-hal yang rumit layaknya burung yang lain. Mereka lebih suka beraktifitas lepas dalam kandang tanpa berinteraksi dengan manusia, dan tentunya dengan beberapa jenisnya, perpasang, atau bahkan antar jenis dalam satu koloni.
Anda cukup menyediakan sangkar, menyediakan pakan dan minum setiap harinya, atau untuk kesediaan beberapa hari, dengan alas yang harus dibersihkan setiap hari sampai menggunakan liter alas kandang semisal pasir, potongan kayu hingga kerikil yang hanya butuh dibersihkan hingga satu sampai empat minggu yang tentunya tergantung dengan jumlah burung didalamnya. dan jangan lupa untuk menyediakan kotak sarang untuk mereka, kemudian anda bisa duduk bersantai menikmati kejenakaan mereka dengan ditemani cemilan dan segelas kopi hingga sebatang rokok.
Untuk memulai merawat mereka bisa dipersiapkan langkah-langkah sebagai berikut:
Pakan higenis dan air bersih untuk setiap hari.


Pakan burung pipit:
Bijian adalah menu utama untuk burung pipit tiap harinya sebagai sumber karbohidrat atau kalori, meskipun dinegara lain juga tersedia pengganti pakan alami mereka berupa pellet atau voer yang dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisinya tanpa perlu memberi tambahan supplement hingga extra food atau pakan tambahan. Rata-rata burung pipit akan menghabiskan satu sendok makan bijian perharinya untuk seekor burung meski porsi itu bisa berubah dan bertambah sesuai kondisi. Seperti masa berkembangbiak atau kondisi musim yg lebih dingin dimana burung pipit akan meningkatkan berat badan untuk bertahan dalam kondisi dingin tersebut. Perlu diingat jika anda memberi bijian kiloan agar membersihkannya terlebih dahulu karena kebanyakan biji-bijan tersebut kondisinya kotor oleh debu dari bijian itu sendiri hingga kotoran tikus, cicak atau bahkan air seni tikus yang dapat membahayakan kesehatan burung karena binatang-binatang tersebut seringkali membawa bibit penyakit yang dapat menular pada burung pipit kesayangan.


Nutrisi tambahan:
Burung pipit butuh nutrisi tambahan selain dari biji-bijian yang mereka konsumsi setiap hari. Kecambah dari biji-bijian sangatlah bagus untuk semua jenis burung pipit atau finches karena syarat akan enzymes yg biasa mereka dapat dari biji-bijian segar atau fresh seed dialam.
Protein:
Untuk memenuhi kebutuhan protein anda bisa memberikan pakan tambahan dari produk-produk Extra food instant yg dapat memenuhi kebutuhan akan protein dan nutrisi penting lainnya tanpa harus susah-susah mengkomposisikan sendiri. Anda bisa juga menyajikan sendiri pakan tambahan protein yang bisa didapat dari serangga seperti ulat kandang, kroto, rayap, hingga telur rebus.


Vitamin:
Untuk meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh yang optimal bisa diberikan vitamin yg umum tersedia dipasaran dengan berbagai macam merk. Dari yang sintetis hingga organic. Tambahan vitamin dapat diberikan dua sampai tiga hari tiap minggunya. Atau sesuai tujuan dalam penambahan vitamin tersebut. Atau bisa juga memberi tambahan pakan berupa sayuran hingga buah-buahan sebagai sumber vitamin yang dibutuhkan. Dalam hal ini anda harus mempelajarai jenis-jenis sayur dan buah yang boleh dikonsumsi oleh finches. Karena sayuran dan buah-buahan yang aman dikonsumsi mamalia belum tentu aman untuk unggas atau bangsa burung.

Mineral dan pencernaan:
Anda bisa menyediakan pasir, batu bata, tulang sotong, grit, kulit telur dan juga arang. Atau produk-produk yg menyediakan komposisi semuanya dalam satu kemasan yg dapat membantu proses pencernaan, sebagai material grinder dalam saluran cerna, mengasah paruh dan tambahan asupan mineral, memperkuat tulang hingga kerabang telur saat berkembangbiak dan juga sebagai obat masalah pencernaan.


Air:
Penambahan vitamin pada air minum hendaknya wajib diganti tiap hari meski sebenarnya akan lebih bagus jika air minum bersihpun juga diganti tiap harinya karena meski tak terkena kotoran burung, paruh-paruh mereka membawa sisa-sisa pakan yang menempel dan tertinggal saat minum sehingga air tersebut akan menjadi media hidup bakteri yg dapat mengakibatkan burung sakit. Usahakan juga untuk mencuci wadah minum setiap hari sebelum menggantinya dengan air bersih yang baru. Selain itu cepuk atau bak mandi untuk burung juga perlu disediakan bagi burung untuk merawat bulu-bulu mereka dan meminimalisir keberadaan parasit bulu-kulit. Mandi sangatlah penting untuk burung terutama pada masa berkembangbiak dan moulting.


Sangkar:
Burung pipit adalah burung yang lincah dan tidak suka berdiam diri dengan terbang kesana kemari, jadi setidak-tidaknya ukuran sangkar minim 30×45 cm direkomendasikan untuk tiap pasangnya. Untuk jenis pilihan awal memulai merawat anda bias memilih zebra finch dan society finch (Bengalese/emprit jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *